Senin, 04 Oktober 2010

hypnobirthing


HYPNO-BRITHING
PENDAHULUAN
Masyarakat umum beranggapan melahirkan dan rasa nyeri adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Rasa nyeri bahkan membuat seorang wanita trauma untuk melahirkan lagi. Ada beberapa upaya untuk mengurangi rasa sakit pada saat bersalin baik itu dengan farmakologi maupun non farmakologi. Non farmakologi salah satunya adalah menggunakan Hipnosis persalinan (hypnobirthing). "Hypnobirthing adalah upaya penggunaan hipnosis untuk memperoleh persalinan yang lancar aman dan nyaman.
Pada dasarnya manusia terbagi atas tenaga sadar dan bawah sadar. Pada hynobrthing, seseorang akan dibangkitkan tenaga bawah sadar. Tenaga bawah sadar berfungsi sebagai disket yang merekam atau memasukan data dari apa yang ditafsirkan melalui panca indra. Sedangkan tenaga sadar pada raga sebagai "printer" yang melaksanakan apa yang terekam. Selama kehamilan, paling tidak pasien ,mendapatkan pendampingan dari ahli hypno-brithing sebanyak tiga kali. Selama kegiatan hyno-brithing pada ibu hamil akan diberikan afirmasi (sugesti) yang bersifat menenangkan. Afirmasi tersebut berupa kalimat-kalimat positif, seperti "kehamilan saya, sehat", "saya dan bayi saya sehat, tenang dan kuat", "persalinan saya aman". Selanjutnya afirmasi dari tersebut akan menjadi program yang direkam pada jiwa oleh tenaga bawah sadar.  Jika afirmasi-afirmasi positif tersebut sudah masuk ke tenaga bawah sadar,   ibu hamil akan menghayati bahwa proses persalinannya akan berjalan lancar tanpa rasa sakit, maka itu yang akan diperolehnya.
PENGERTIAN HYPNOBRITHING
Hypno-birthing adalah salah satu teknik otohipnosis (swasugesti) dalam menghadapi persiapan melahirkan yang berfungsi membantu calon ibu melalui masa kehamilan dan persalinannya dengan cara alami, aman, dan tanpa rasa sakit (nyaman). Dasar dari Hypno-birthing adalah relaksasi. Metode Hypno-birthing ini dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan melahirkan yang menyeluruh      (body,mind and soul), calon ibu dan pendampingnya saat persalinan akan dapat melalui pengalaman melahirkan yang aman, tenang, dan memuaskan, jauh dari rasa takut yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit.
Hypno-birthing didasarkan pada kepercayaan bahwa ketika seorang wanita diberi persiapan yang tepat untuk bayi, melalui harmoni alam, ibu dan suami sehingga dapat mengalami suatu proses kelahiran aman, tenang, dan memuaskan, bebas dari ketakutan yang menyebabkan nyeri. Pada dasarnya rasa sakit ini sudah terekam di bawah sadar hampir setiap manusia dan Hypno-birthing adalah pilihan yang tepat sebagai sarana me “reprogramming” rekaman yang sudah ada dipikiran bawah sadar seseorang.
SEJARAH HYPNOBRITHING
Hypno-birthing bukan sesuatu yang baru Di Indonesia sudah dilakukan sejak zaman dulu. Saat ini dilengkapi dengan penjelasan secara ilmiah dan terprogram sehingga Hypno-birthing ini mengajarkan para ibu untuk memahami dan melepaskan Fear-Tension-Pain Syndrome yang seringkali menjadi penyebab kesakitan dan ketidaknyamanan selama proses kelahiran. Pada tahun 1958, The American Medical Assosiation menyetujui terapi dengan menggunakan hypnosis, meski sejauh ini terapi hypnosis yang dipakai untuk memudahkan proses persalinan belum banyak diketahui publik. Bermula dari dr.Grantley Dick Read yang sejak tahun 1890 telah mengembangkan Hipnosis Kebidanan dengan program yang disebut Childbirth without fear. Yang kemudian dikembangkan oleh Marie F. Mongan sejak tahun 1959 dengan program HypnoBirthing®, karena mempunyai kelebihan (dan keterbatasan) untuk digunakan dalam tugas. Dan di Indonesia dikembangkan oleh Lanny Kuswandi Perawat Bidan dengan pendalaman Clinical Hypnoterapist sejak tahun 2002.  
PELAKSANAAN HYPNOBRITHING
Metode Hypno-birthing ini dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan melahirkan yang menyeluruh, calon ibu dan pendampingnya saat persalinan akan dapat melalui pengalaman melahirkan yang aman, tenang, nyaman dan memuaskan, jauh dari rasa takut dan cemas yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit Relaksasi dan Hypno-birthing adalah upaya untuk meningkatkan ketenangan dan kedamaian selama hamil, proses melahirkan, masa nifas, masa menyusui dan pada saat membina membina anak dan balita. Dalam masa kehamilan, persalinan dan nifas, seorang ibu memerlukan persiapan secara fisik (jasmani), mental (jiwa) dan spiritual. Dalam metode Hypno-birthing ini, konsep kelahiran yang mudah, aman dan nyaman dapat terjadi dengan cara Ibu Hamil di tuntun untuk menyadari kekuatan pikiran bawah sadar, karena hukum pertama dari pikiran bawah sadar adalah:
Apapun yang anda pikirkan, tubuh anda dapat menciptakannya dan memberikan anda sesuai dengan apapun yang anda pikirkan.
Dalam persalinan, rasa nyeri dapat terabaikan dengan cara relaksasi, visualisasi dan afirmasi karena pada dasarnya manusia biasa memusatkan perhatian pada satu hal saja pada suatu waktu. Saat kita memusatkan perhatian pada satu objek atau sensasi, perasaan lain akan dikesampingkan. Hal ini juga berlaku pada proses persalinan, ketika pikiran dalam keadaan tenang menerima keyakinan bahwa persalinan akan berlangsung secara alami, nyaman, dan lancar, calon ibu akan mengalami seperti apa yang diyakini. Oleh karena itu, dengan melakukan relaksasi , visualisasi dan afirmasi maka rasa nyeri dalam persalinan dapat diminimalisasikan.
Metode relaksasi dan Hypno-birthing didasarkan pada keyakinan bahwa perempuan dapat mengalami persalinan melalui insting untuk melahirkan secara alami, dengan tenang, nyaman, percaya diri, dan dengan intervensi medis yang minimal. Program ini mengajarkan calon ibu untuk menyatu dengan gerak dan ritme dari tubuh yang alami saat menjalankan proses persalinan, membiarkan tubuh dan pikiran untuk bekerja dan meyakini bahwa tubuh mampu berfungsi sebagaimana seharusnya, sehingga rasa sakit menghilang. Relaksasi dan Hypno-birthing mengajarkan calon ibu untuk menjalankan teknik relaksasi yang alami, sehingga tubuh dapat bekerja dengan seluruh saraf secara harmonis dan dengan kerja sama penuh, bukannya melawan.
BAGAIMANA HYPNOBRITHING BEKERJA?
Proses Hypno-birthing bekerja berdasarkan kekuatan sugesti. Proses ini menggunakan afirmasi positif, sugesti dan visualisasi untuk menenangkan tubuh, memandu fikiran, serta mengendalikan nafasnya. Ibu hamil dapat melakukan ini sendiri (self hypnosis) atau melalui perantaraan hypnotherapist. Kegiatan dapat dengan memutar afirmasi verbal yang membantu untuk memasuki kondisi tenang (calm state) dari hypnosis. Bisa juga dilakukan melalui visualisasi (membayangkan bunga yang bermekaran, melihat apa yang akan terjadi kepada seseorang dll) untuk mencapai relaksasi. Seorang hypnotherapist bisa hadir atau tidak pada saat kelahiran, tergantung dari kebutuhan pasien. Self hypnosis dapat dilakukan dengan sendiri atau dengan bantuan orang lain (therapist).
Teknik hypnobirthing sangatlah sederhana dan mudah. Dan,  kunci untuk mencapai keberhasilan dari metode ini adalah praktek baik di kelas antenatal maupun di rumah sehingga teknik-teknik dalam hypnobirthing bisa menjadi kebiasaan bagi ibu untuk mencapai dan menciptakan kondisi relaksasi selama kehamilan dan menghadapi persalinan. Untuk mencapai keberhasilan yang lebih optimal, dalam mempraktekkan metode ini, ibu memerlukan seseorang yang mampu membimbingnya untuk selalu berlatih, disinilah perlunya peran pendamping. Pendamping disini adalah mitra/patner ibu entah itu suami atau orang terdekat ibu. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk mengajak dan melibatkan suami/ patner ibu saat memberikan pelatihan hypnobirthing selama antenatal. Sehingga suami bisa menjadi motivator bahkan pembimbing bagi ibu untuk selalu berlatih teknik relaksasi hypnobirthing .
Dasar dari Hypno-birthing adalah relaksasi yang mendalam.   Lewat pola pernafasan perlahan dan dalam sehingga tubuh secara otomatis melepaskan endorphin yang merupakan morfin alami didalam tubuh yang bermanfaat untuk mengurangi bahkan bisa menghilangkan rasa sakit pada saat kontraksi sehingga ibu menikmati proses persalinan yang aman, lembut, lancar dan nyaman.
MANFAAT HYPNO-BIRTHING BAGI IBU HAMIL & BERSALIN (IBU HAMIL & BERSALIN, SUAMI/PENDAMPING PERSALINAN, DAN BAYI)
1.      Merupakan formula dasar yang alami dari Pain Management dan tidak memiliki potensi efek samping terhadap bayi kita
2.      Dapat relaksasi untuk mengeliminasi stress serta ketakutan & kekhawatiran menjelang kelahiran, sehingga membuat ibu mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi uterus.
3.      Membuat ibu bersalin tetap pada kondisi terjaga dan sadar.
4.      Martin, A.A., et al., (2001) menyatakan bahwa dengan metode Hypnobirthing, maka dapat mempercepat Kala I Persalinan (± 3 jam pada primipara dan 2 jam pada multipara), mengurangi resiko terjadinya komplikasi, dan mempercepat proses penyembuhan pada post partum.
5.      Hypnosis membuat ibu mampu menghemat energinya pada saat bersalin sehingga dapat mencegah kelelahan saat persalinan
6.      Tidak memerlukan pelatihan yang lama atau suatu ritual khusus untuk dapat sukses mempraktekkan hypnosis saat persalinan.
7.      Meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh untuk mengurangi rasa nyeri pada saat kontraksi. Endorphin memiliki kekuatan 200 kali lipat dari morphin untuk menekan rasa sakit pada saat melahirkan. Endorphin adalah neuropeptide yang dihasilkan tubuh pada saat relaks/tenang.  Pada saat stres endorphin terhalang oleh kortisol.  Endorphin dihasilkan diotak dan susunan syarat tulang belakang
8.      Terapi ini mengajarkan para ibu untuk memahami dan melepaskan Fear-Tension-Pain Syndrome yang seringkali menjadi penyebab kesakitan dan ketidaknyamanan selama proses kelahiran
9.      Membantu menjaga suplai O2 kepada bayi selama proses persalinan
10.  Meningkatkan ikatan batin ibu terhadap bayi dan suami
11.  Membantu kondisi janin terlepas dari kondisi terlilit tali pusat bahkan bisa memperbaiki posisi janin yang letak sungsang menjadi letak belakang kepala (vertek). Hal ini dimungkinkan dengan ibu sering melakukan hipnosis atau berkomunikasi dengan janinnya. Karena ibu dan janin punya komposisi sama yaitu body, mind dan soul. Komunikasi antara soul ibu dengan spirit baby dapat dilakukan. Misal, ”Ayo sayang, putar kepalamu ke bawah agar keluarnya mudah.”

Manfaat bagi Suami/pendamping persalinan
1.      Dengan belajar hypnobirthing, suami/pendamping persalinan menjadi lebih tenang dalam mendampingi proses persalinan. 
2.      Emosi suami akan menjadi lebih stabil dalam kehidupan sehari-hari
3.      Membantu memperbaiki dan memperkuat hubungan dan ikatan batin antara istri suami serta bayi yang dikandung.
4.      Aura positif dan tenang yang dimiliki oleh suami/pendamping persalinan akan mempengaruhi aura ibu bersalin dan orang-orang disekitarnya.
Manfaat bagi bayi 
1.      Getaran tenang dan damai akan dirasakan oleh Janin yang merupakan dasar dari perkembangan jiwa (SQ), IQ dan EQ. 
2.      Pertumbuhan janin lebih sehat karena keadaan tenang akan memberikan hormon-hormon yang seimbang ke janin lewat plasenta.
Untuk melakukan hypnobirthing yang dibutuhkan adalah ketenangan dan niat (kemantapan hati). Kondisi relaks akan memunculkan endorphin sebagai anestesi alami yang akan menggantikan hormon pemicu rasa sakit (hormon stres). Metode hypnobirthing ini bisa dilakukan di usia kehamilan berapa pun.
Pengaruh Stress atau Takut pada Proses Persalinan Saat kita merasa takut, tubuh mengalihkan darah dan oksigen dari organ pertahanan non esensial menuju kelompok otot besar di wilayah kaki dan tangan. Rasa cemas dan takut menyebabkan rasa nyeri dan membuat rahim semakin keras kontraksinya Kecemasan dan ketakutan memacu keluarnya adrenalin dan menyebabkan cerviks kaku dan membuat proses persalinan lebih melambat.
Kecemasan dan ketakutan menyebabkan pernafasan tidak teratur, mengurangi asupan sirkulasi oksigen bagi tubuh dan bagi bayi Akhirnya membuat jantung memompa lebih cepat sehingga tekanan darah semakin tinggi. Hypnobirthing mengeksplorasi mitos bahwa memang rasa sakit adalah hal yang wajar dan dibutuhkan saat melahirkan normal. Saat perempuan yang melahirkan terbebas dari rasa takut, otot-otot di tubuhnya termasuk otot rahim akan mengalami relaksasi, yang akan membuahkan proses kelahiran yang lebih mudah dan bebas.
Hipnosis selama kehamilan
              Latihan relaksasi hypnobirthing dapat dimulai kapan saja oleh ibu hamil. Umumnya, latihan dimulai pada bulan ketujuh masa kehamilan. Namun akan sangat baik jika latihan dimulai sejak trimester pertama kehamilan. Kendati demikian, tidak tertutup kemungkinan untuk berlatih hypnobirthing secara singkat, misalnya 2 minggu sebelum tanggal perkiraan kelahiran.  Satu-satunya yang dibutuhkan adalah ketenangan, niat dan kemantapan hati bahwa proses persalinan akan berjalan lancar dan alami (Evariny, 2007).
             Hipnosis diri (self-hypnosis) dan penanaman sugesti adalah prinsip dasar hypnobirthing, yang digunakan sebagai latihan selama masa kehamilan. Latihan ini dapat dilakukan setiap malam menjelang tidur, atau kapanpun yang dirasa tepat dan nyaman.           Beberapa hal yang dapat dipelajari dalam kelas hypnobirthing menurut (Mongan,2007) adalah :
a.       Teknik relaksasi dan self hypnosis untuk menghilangkan stress  dan rasa takut saat persalinan, dan digantikan dengan rasa tenang, damai dan percaya diri.
b.      Teknik lain untuk memperlancar proses persalinan, misalnya teknik pernapasan.
c.       Cara berkonsentrasi agar dapat terfokus pada tujuan hypnobirthing.
d.      Berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan.                
4.  Hipnosis selama persalinan
           Menurut Evariny (2007), Kesuksesan latihan ibu selama masa kehamilan akan terbukti oleh kemudahan dan ketenangan jiwa saat proses persalinan berlangsung.  Ketenangan ibu menjadi kunci penting saat proses melahirkan. Metode relaksasi hypnobirthing membantu melancarkan persalinan dan meminimalisasi rasa sakit. Beberapa orang mungkin masih  merasakan sakit, tetapi dengan hypnobirthing rasa sakit itu tidak akan terasa begitu kuat sampai membekaskan trauma. Kondisi rileks juga akan mendorong pengeluaran hormon endorphin yang membantu menghilangkan rasa takut, tegang, dan kepanikan saat melahirkan, sehingga  ibu akan tetap mengingat dan mengenang semua kejadian persalinan sebagai sesuatu yang amat berkesan dan membahagiakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar