Senin, 08 November 2010

BAKSOS MERAPI I

BAKSOS MERAPI SATU
Kamis 5 november 2010 kami sudah cek lapangan utk membantu saudara di merapi.  Ada 3 posko yg akan kita jadikan kosentrasi utk pendampingan kesehatan dan psikososial, yaitu TURI, Cangkringan dan Kali Adem, namun apa daya.. ketiga posko udah tak berbekas, tersapu awan panas dan letusan besar hari kamais dini hari.
Jumaat  kita galang bantuan dan tenaga, Ada Bantuan Alhamdulillah dari STIKES Putera abadi Langkat Stabat Sumatera Utara (dari Yayasannya “ Bang Sampurna Tarigan)mendahului  memberikan stimulan sebesar Rp. 2,5 juta) uang ini koita belikan  maianan anak, pakaian dalam, pakaian anak, obat-obatan dan buat bensin). Kemudian dari mhasiswa STIKES Yo menambahkan beberapa fasilitas lain: perlengkapan mandi, selimut, susu, dan alhamdulillah.. tenaga... dan PUKET satunya siap jadi Supir... subhannnallah.
Sabtu, rencana ada 2 mobil.. tpi alhamdulillah satu yang betul-betul stanbay dan dapat dipakai... thanks Pak Dokter Sugiyanto... mempersilakan utk kapan saja memakai mobilnya plus obat. Dengan 12 anggota tim, kita bergerak dari Nitikan Baru Yogyakarta menuju ke SD Muhammadiyah Bayen Purwomartani Sleman, eeh.. ternyata beberapa angota tim ada yg belum sarapan, karena dari rumah jam 06.00 pagi, sarapan dulu. Rencana dua mobil, akhirnya tim di fullkan dalam satu mobil, niat dan semangat.... berdesak-desakan tetap nyaman.... dan bahagia.
Jam 07.43 sampai di Bayen... cari SD Muhammadiyah.. eeeh.. salah masuk ke POSKO SMPN1 Kalasan... sempat nggak enak krn udah dipersiapkan utk area pengobatan .... ternyata nggak jadi... nggak tega juga, tapi.. udah terlanjur janji dgn koordinator di SD Muhammadiyah Bayen... KoordinatprPOSKO SMPN 1 kecewa.. di tempat tsb ada 1200 pengungsi dan blm tersentuh pengobatan.. banyak yang mengeluhkan kesehatan.
Perjalanan diteruskan Ke SD muhammadiyah Bayen.... eeh ternyata di sana sudah ada yang menanagani... akhirnya kita putar haluan.. kembali ke SMPN1 Bayen... masyarakat kembali gembira... dan kita bergabung.. pengobatan 85 orang... banayk yg ISPA, Diare... Batuk pilek.... mata bruwet....
Jam 12.00 kita selesai melaksanakan kewajiban di SMPN 1  Kalasan.... cari lokasi lain....dan mampir di POSKo Moguwoarjo... bagi-bagi sebagian kebutuhan yang ada..... jam 14.000 menuju pulang ke Yogya... Jadwal hari minggu BAKSOS MERAPI DUA.
Thanks.. STIKES PAL.. Thanks STIKES Yo.... Thanks panitya POSKO SMP N ! Kalasan, SD Muhammadiyah Bayen.. Posko Maguwoharjo.. Alhamdulillah Robbi.

Di Posko beraneka wajah tetap gembira, sedih, hampa, bingung menjadi satu. Kami menghampiri beberapa lansia yang tiduran menopangkan wajah di tangan mrk yg renta... ada kerut-kerut dahi kesusahan dan kesedihan. Beberapa anggota btim pendampingan psikososial mulai melaksanakan tugasnya, menghibur, bercerita, mengukur vtekanan darah.. bahkan ada yang menyuapi mereka... Dfuh Gusti! Disamp[iong keresahan dan kesedihan banyak cinta di sini.
 
BAKSOS MERAPI DUA
Alhamdlillah, pagi ini minggu 08 November 2010 pagi ini terlihat cerah.. walau muntahan merapi masih mengancam, namun erupsi tidak sedahsyat hari sebelumnya. Jam 06.15 Pak Jono supir mobil relawan kami (walaupun beliau jabatanya Pembanytu Ketua I STIKES Yogyakarta) telah menghampiri kami dan menuju jaln niytikan baru utk menghampiri anggota tim relawan yang lain.  Isi bensin, sarapan kemabli menuju ke Kalasan tepatnya SMK N kalasan yang kemarin belum kita sentuh, karena waktu yang tidak memungkinkan, ada 1.200 org pengungsi di sini. Jadwal pengobatan kami batalkan karena telah ada yang menangani dari PUSKESMAS... kami kumpulkan anak balita, anak usia sekolah di area pengungsian yang teduh dan tdk banyak debu.
Teman-teman Quantum Harmoni dan mhsw STIKES Yo bernyanyi memberikan game kepada anak-anak, setiap anak yg dapat menebak pertanyaan diberi hadiah, demikian juga mengingatkan anak-anak ttg do’a2 pendek. Hal hasil 54 alat permaianan terbagikan. Habis bermanin mrk terlihat lelah, saatnya mebagi susu dan makanan kecil. Sementara tim pendampingan psikologis lansia terlihat memberikan massage dan relaksasi dgn hypnosis.... jam 11.46 kita beranjak dari SMKN I Kalasan menuju posko lain.. di SMKN I ini kita tim menyerahkan sebagian bantuan dari STIKES Puetra Abadi Langkat, STIKES Yo...


Jam 13.30 kita sampai di Meji Kecil Sleman.. tempat ini order dari Mas imam Sujangi dari Posko DPD Sleman. Tim kita memang tim dengan berbagai baju, ada dari kesehatan, psikologi, hypnosis, mahasiswa, dosen maupun masyarakat biasa, juga ada yang aktivis partai, namun kami sepakati tim dari masyarakat untuk masyarakat. Di MTS Muhammadiyah ini ada 400 0rg pengungsi. Hari ini anak-anak ekstra mencari perhatiankrn jumlah mereka cukup banayk juga,  mrk menyerbu arena permainan dengan semangat. Seperti di SMKN I Kalasan terapi bermain di mulai, namun lebih seru mrk mengajak tim utk sepak bola.
Sementara anggota tim yang lain meniadakan kegiatan pegobatan. Banyak scabies di sini, kami memberikan penjelasan dan tips PHBS tuk mencegah penularan dan timbulnya penyakit yang lain. Para lansia mulai  naik tekanan darahnya, apalagi banayk yg putus obat krn tdk sempat membawa obat-obat seperti Hypertensi, Kencing manis (DM) untung pak Imam yg juga apoteker membawa obat Glyben. Stomatitis, kurang tidur, ISPA menjadi keluhan para pengungsi. Di Posko ini kita tdk menurunkan amunisi lain kecuali obat-obatan dan alat mainan. Jam 15,00 kami bergerak kembali ke Yogyakarta.
Bantuan hari ini datang dari dr. Sugiyanto.. thanks bantuannya.. bahkan pak dokter rela naik sepeda motor demi merelakan mobilnya utk kami pakai selama kami membutuhkan utk kegiatan baksos.dh 4 hari ini pakai mobil beliau... juga bantuan dari mahasiswa STIKES... wah thanks ya.. kalian tdk hanya memberikan tenaga dan pikiran dalam pelayanan penanggulangan bencana merapi ini, tetapi juga bantuan kebutuhan alat mandi, susu, yang sempat dibagikan kepada para anak pengungsi.  Sblm ke yogya mampir ke rmh keluarga Mbak Nina mhsw STIKES Yo.. di sana disuguhi makanan dan minuman yg sangat berguna tuk mengganjal perut yg lapar ini. Sholat asyar... plg ke yk dgn kepuasan dan kebahagiaan membagi cinta sesama saudara yg mengungsi.


BAKSOS MERAPI TIGA
Senin tgl 09 Nov 2010 kita koordinasi dengan Posko Pusat DPW PAN Bunda Asiyah Rais utk mencari informasi posko-posko yang blm tersentuh baik pengobatan maupun pendampingan Psikososial. Dgn maksud mencari posko yg efektif terutama panti asuhan dan saudara kita yang punya keterbatasan fisik, balita dan lansia.
Ada telpun dari Bapak Pepen.. keluarga besarnya memberikan banyuan selimut 100 buah plus makanan utk anak-anak. Ibu-ibu PG Wonolangan Probolinggo juga telpun untuk mengecek kiriman mrk berupa kaca mata debu, pampers, soptek dlsb. Tidak berapa lama juga ada telpun dari keluarga di Medan (keluarga Bapak zainuddi/Bu rahmawati/BU de jah melalui anaknya watik) yang mengirimkan uang sejumlah 1 jt. 200 rb via BCA.
Hari ini belanja mainan  anak, tambahan obat sirup OBH, OBP, Zalf penyakit kulit, tetes mata, dan perlengkapan mandi dari sisa uang pemebrian Keluarga besar STIKES Abadi langkat dan sumbangan keluarga  Bapak Zainuddin. Pulangnya mampir Jln. Gerjen ke rumah Pak pepen ambil selimut + makanan, tapi sayang, katanya terlambat hanya ada 40 slimut tanpa makanan, Alhamdulillah, mobil melaju lagi untuk menghubungi posko Moguwoarjo. Hari ini kegiatan penyantunan tdk ada, koordinasi dan servis mobil utk besok hari. 
Rabu 10 November 2010
Jam 06.00 Mas Nur mhsw STIKES Yo sdh hadir di rumah saya Perum Baleasri Blok P.3 Gamping Sleman.. saya sedang mandi sat itu. Asisten sy yg momong anak-anak dan membantu RT pulang sdh 3 hari karena rumahnya juga berantakan kena dampak merapi di Purworejo.. jadi ada tambahan ekstra kerjaan rumah pagi ini. Biasanya yang mengerjakan mbak Siti. Alhamdulillah suami pengertian, mobil dibersihkan, keperluan telah beliau tata didalam mobil. Jam 6.20 mau berangkat ada telpun teman perawat dari RS Grasia (RS Jiwa Yogyakarta) minta dicarikan rumah nuntuk mengungsi… cari-cari rmh untuk di blok F ada yg kosong. Jam 07.00 mau berangkat.. kunci mobil nggak ada ternyata terbawa suami kerja di RS Mitra Sehat. Berangkat tertunda.
Jam 7,37 menit sampai ke Nitikan baru utk angkut teman-teman tim yang kebanyakan mhsw STIKES Yo. Hari ini tdk sarapan langsung menuju Palagan tentara Pelajar.. ambil minuman.. roti utuk diperjalanan, ada info Posko Prambanan belum tersentuh, Posko yg dikoordinir pak Nuryanto. Kami diberi ancer-ancer dkt pertigaan prambanan melewati posko hari minggu kemarin. Sesampai di sana… sudah ada yang memberikan pelayanan dan bantuan di Posko tersebut.. kita diarahkan ke Posko Balai Desa Bokoharjo Prambanan dan Sumbersari Prambanan.
Jam 09.00 kami sampai di gedung Stiayasa dekat Bokoharjo, di sana ada 400. Org pengungsi. Di sana kami bertemu dgn Puskesmas Prambanan dimana salah satu petiugasnya mantan mahasiswa saya dulu di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Bertemu dengan para relawan yang lain. Alhamdulillah partisipasi Ibu-ibu PKK Bokoharjo utk pendampingan Psikososial anak-anak baru saja dilakukan.. anak-anak terlihat lelah…. Kami koordinasi dengan Pak Lurah.. Alhamdulillah kami dipertemukan Allah dalam silaturrahmi ini ternyata Pak Lurahnya Kakak kelas saya dulu dan pembimbing saya waktu Tugas di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Management stress kepada beberapa lansia , anak dan keluarga, kami menuju Sumbersari.
Sumbersari layaknya Home Visite krn pengungsi ditampung di rumah penduduk I(keluarga?). pemandangan di sana melas juga. Beberapa lansia tergolek sakit, perlengkapan mandi belum ada yg memberikan, pada saat ngungsi nggak sempat bawa apa-apa, diantara mrk ada yang terlihat pucat dan anemia, ada yang batuk, pilek. Di sini, kita menurunkan beberapa fasilitas alat mandi, slimut dan obat-obatan. Hanya1 jam disini, tetapi perjalanan medan sulit, menanjak, di atas gunung. Pulang lewat Piyungan Wonosari Gunung Kidul. Menyusuri beberapa posko… jam 13.15 kita istrhat, makan siang dan sholat dhuhur……. Di rumah makan murah meriah, Jln wonosari Yogyakarta.
Jam 13.30 kami dapat SMS dilanjutkan telpun dari mas Abid RSU Sarjito daerah Triharjo Sleman Jln. Muntilan ada yg belum tersentuh sama sekali.. kami diminta menemui mbak Tri.. diberi ancer-ancer… dan mbak Tri juga telpun.. siap melanjutkan perjalaanan ke Triharjo sleman. Jalan memutar.. perjalanaan hampir satu jam.. kami memasuki Balai Desa Triharjo Sleman.

Sesampai di Triharjo hujan deras.... tampak tempat pengungsian dengan ruangan yang agak gelap, dan lembab.. anak-anak sebagian ada yg tertidur, rewel... dan mengatakan bosan ingin cepat pulang. sementara para orgtua menenangkan anaknya, lansia tampak lemes dan tak menggubris kedatangan kami. Sebagian tim mencari perhatian anak-anak dengan bermain kereta apian, game, cerdas do'a pendek... permaianan makin seeru diiringi hujan yang lebat. sebagian anggota Tim diminta ke tempat panitia pengungsian. Mrk butuh slimut, perlengkapan mandi, pampers, handuk, dan pakaian dalam wanita serta pembalut. Kiriman ibu-ibu PG Wonlangan Probolinngo tepat untuk kebutuhan mrk, tentunya alat permainan, dan makanan, serta selimut dari keluarga bapak pepen. Dengan meminta maaf, panitia menolak pemberian pakaian bekas krn sdh sangat banyak. padahal ada bebrapa titipan pakaian pantas pakai, seragam dan lain sebagainya titipan donatur.

Jumlah anak-anak banyak dan mrk ada yg meminta 2 mainan skaligus.. untung ada maianan pantas main yg diberikan keluarga poak Yanto RT 13 Perum Baleasri.. maianan tersebut habis juga... Hujan belum berhenti, kami membagikan susu kepada para pengungsi.
 Menjelag pulang kami diminta untuk datang lagi membawakan pakaian dalam, minyak kayu putih, telon, obat merah, betadin, dan obat merah serta salap (obat luar). e.. baru ingat uang yang dari STIKES Putera abada langkat sebagain ada yg kita belikan kaos anak-anak, BH dan pakaian dalam.... tapi... tertinggal di mobil yang satunya.... insya Allah besok ya.....

Alhamdulillah, hujan deras.. membersihkan jalan tapi lahar dingin menimbulkan masalah dan rezeki buat penduduk sekitar kali yang dilewati partikel merapi. Kali code kami lihat ramai ada pengerukan pasir yg ditambang masyarakt. Mengantarkan mhsw STIKES Yogyakarta, sebelum pulang cuci mobil dulu krn ada muntahan anggota tim, nggak enak mengembalikan mobil pak dokter dalam keadaan kotor, apalagi bekas muntahan.. sampai rumah jam 17.00. anak-anak saya bawa krn nggak ada yg menjaga di rumah, mrk tampak kelelahan. Semoga ikutanmu kali ini merupakan pembelajaran kasih sayang sesama saudara ketika bencana.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar